Kuliah Praktisi sebagai Solusi Meningkatkan Kualifikasi Lulusan Program Studi Teknologi Pendidikan

Dalam rangka menjembatani kesenjangan antara kompetensi
lulusan perguruan tinggi dan kebutuhan kualifikasi di dunia kerja, Program Studi
Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya
menggelar serangkaian kuliah praktisi pada bulan November. Acara ini bertujuan
memberikan wawasan langsung kepada mahasiswa mengenai tuntutan industri serta
menekankan pentingnya penerapan teknologi dalam konteks pendidikan.
Kuliah praktisi dihadiri oleh sejumlah praktisi industri,
pemimpin startup edtech, dan tokoh-tokoh terkemuka di bidang teknologi
pendidikan. Mereka berbagi pengalaman mereka tentang perubahan dan evolusi
dalam dunia kerja, serta memberikan pandangan mendalam tentang keterampilan yang
diinginkan oleh industri saat ini.
Salah satu pembicara utama, Nova Bagus Akbar, S.Pd., seorang
ahli dalam pengembangan solusi teknologi pendidikan, menekankan pentingnya
pemahaman yang kuat terkait teknologi terkini. "Melalui kuliah praktisi
ini, kita dapat melihat bagaimana lulusan dapat menggabungkan pengetahuan
akademis mereka dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan di tempat kerja.
Hal ini dapat menciptakan lulusan yang lebih siap secara profesional,"
ujar Nova Bagus Akbar, S.Pd..
Kuliah praktisi tidak hanya memberikan wawasan mengenai
tuntutan industri, tetapi juga menyoroti perkembangan terbaru dalam teknologi
pendidikan. Mahasiswa diajak untuk memahami bagaimana penerapan inovasi,
seperti kecerdasan buatan, realitas virtual, dan analisis data, dapat memberikan
nilai tambah dalam pembelajaran.
Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd., Koordinator Program Studi S1 Teknologi
Pendidikan, menyampaikan, "Kuliah praktisi ini bukan hanya tentang
memberikan wawasan mengenai kebutuhan industri, tetapi juga tentang memberikan
mahasiswa peluang untuk merancang strategi untuk mengembangkan diri mereka
sendiri. Hal ini membantu mereka lebih siap menghadapi tantangan di dunia
kerja."
Selain dari sesi presentasi, acara ini juga melibatkan sesi
tanya jawab dan diskusi interaktif. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk
bertanya langsung kepada para praktisi tentang pengalaman mereka, serta
mendapatkan nasihat dan pandangan berharga mengenai langkah-langkah yang perlu
diambil untuk meningkatkan kualifikasi mereka.
Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNESA berkomitmen
untuk terus menyelenggarakan kegiatan semacam ini sebagai bagian dari upaya
mereka dalam memastikan lulusan mereka tidak hanya memiliki pengetahuan
teoritis yang baik, tetapi juga keterampilan praktis yang dibutuhkan oleh dunia
kerja yang terus berkembang.
Penulis: Atan Pramana