Menjelang Edutech Festival, Prodi S1 Teknologi Pendidikan FIP UNESA Gelar Webinar
![](https://statik.unesa.ac.id/ktp/thumbnail/42902837-0aa6-4524-b87b-e4f1b39ccbb3.jpg)
Minggu, 26 Oktober 2024 Program studi S1 Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan UNESA menyelenggarakan webinar dengan tajuk, “The Power Of Creativity and Innovation For Digital Transformation Education Instructional.” Webinar ini merupakan serangkaian acara dari Edutech Festival.
Webinar yang dilaksanakan secara daring melalui Zoom ini menghadirkan dua pembicara berpengalaman, yakni Alifiyah Salsabila, S.Pd alumni UNESA Program studi Teknologi Pendidikan dan Moh. Ginanjar mahasiswa aktif S1 program studi Pendidikan Teknologi Informasi Unesa.
Webinar diawali dengan sambutan oleh kaprodi Ibu Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd. dan juga pembina HMP Teknologi Pendidikan Bapak Dr. Syaiputra W.M Diningrat, M.Pd. kemudian dilanjutkan dengan pemaparan isi webinar oleh para pembicara.
Pembicara pertama Moh. Ginanjar, memaparkan peran-peran kreativitas mahasiswa dalam merubah dan memodifikasi edutechnopreneurship, kemudian menjelaskan peran UI/UX dalam mengembangkan dan mengubah prospek pendidikan. Transformasi digital dalam pendidikan membuka jalan baru bagi setiap orang yang memiliki keterampilan dan kreatifitas tinggi untuk berintegrasi atau menyatupadukan teknologi digital dalam lingkup pendidikan. Tren seperti mobile learning, gamifikasi, VR dan AR, serta Artificial Intelligence (AI) sudah banyak digunakan dalam dunia pendidikan. Ginanjar juga menjelaskan, bahwa konsep UI (User Interface) berfokus pada tampilan visual dan elemen mencakup warna, tipografi, dan ikon, sedangkan UX (User Experience) lebih fokus dengan cara penggunaan dan juga kenyamanan pengguna ketika berinteraksi dengan platform. Contoh UI/UX yang sudah banyak digunakan adalah Google Classroom dan Duolingo.
Kemudian pemaparan materi kedua oleh Alifiyah Salsabila, S.Pd membahas tentang peran Teknologi Pendidikan dalam edu technopreneurship. Beliau menjelaskan bahwa edutech ini muncul karena banyak nya masalah-masalah dalam pendidikan serta untuk meningkatkan mutu pendidikan, edutech ini membantu siswa untuk tetap mengikuti perkembangan zaman di era society 5.0. Baginya, ciri-ciri seorang edutech harus inovatif, fokus dengan peningkatan kualitas pendidikan, mampu menciptakan platform untuk memajukan pendidikan, dan dapat menggabungkan visi kewirausahaan dalam membangun jasa atau produk di sektor pendidikan. Terakhir, webinar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi oleh peserta dan pemateri, lalu ditutup dengan ringkasan dan kesimpulan oleh moderator.
Penulis: Farida Hurun In Zayyana (S1 TP 2024)