Raih Juara 1 Karya Terbanyak, Prodi S1 Teknologi Pendidikan UNESA Tampilkan Berbagai Inovasi Media Pembelajaran dalam Gebyar Bulan Pendidikan

Surabaya, 10 Mei 2025 – Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2025, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyelenggarakan Gebyar Bulan Pendidikan, sebuah acara tahunan yang mempertemukan seluruh program studi di bawah naungan FIP dalam satu festival akademik.
Salah satu sorotan utama dalam kegiatan tahun ini adalah Gelar Karya Mahasiswa, yang menghadirkan berbagai produk media pembelajaran hasil kreasi mahasiswa dari berbagai prodi. Program Studi Teknologi Pendidikan menjadi salah satu peserta yang paling menonjol, dengan menyabet Juara 1 kategori karya terbanyak.
Acara yang berlangsung meriah ini turut dihadiri oleh sejumlah dosen dari berbagai jurusan, termasuk Rektor UNESA Cak Hasan, yang dikenal luas di kalangan mahasiswa. Kehadiran Rektor dan para dosen menjadi bukti dukungan baik terhadap semangat inovasi dan kreativitas mahasiswa.
Tegar, selaku perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Teknologi Pendidikan, menjelaskan bahwa persiapan ini dilakukan jauh-jauh hari oleh Divisi SIMIKAT (Minat dan Bakat), melibatkan karya dari mahasiswa angkatan 2023 dan 2024. “Kami menampilkan berbagai karya seperti animasi, aplikasi pembelajaran, audio pembelajaran, realia, infografis, fotografi, poster, hingga buku cetak. Semua murni hasil karya mahasiswa TP,” ujarnya.
Tak hanya mahasiswa, para dosen TP juga turut ambil bagian dalam menyiapkan dan mendukung mahasiswa dalam pengumpulan karya ini. Koorprodi Teknologi Pendidikan, Dr. Utari Dewi, S.Sn., M.Pd., mengungkapkan rasa bangganya terhadap antusiasme mahasiswa. “Mereka sudah paham bahwa proyek akademik seperti produksi media bukan sekadar tugas, tapi bisa menjadi karya yang bermanfaat. Mahasiswa sekarang sudah otomatis tahu bahwa setiap bulan pendidikan, karya mereka pasti akan dipamerkan,” jelasnya.
Lebih lanjut, beliau menekankan pentingnya gelar karya sebagai bentuk kontribusi nyata prodi kepada masyarakat luas. Ia berharap kualitas media yang dipamerkan bisa terus meningkat, sehingga bisa dimanfaatkan langsung oleh stakeholder pendidikan dan mitra lainnya. “Bulan pendidikan ini jadi momentum strategis untuk promosi hasil pembelajaran mahasiswa. Ketika mitra hadir dan melihat langsung, mereka tahu bahwa TP punya produk-produk yang siap dipakai di lapangan,” imbuhnya.
Antusiasme juga datang dari para peserta. Tabita Maulina Azahra, mahasiswa TP angkatan 2024 B, menceritakan keseruannya mengikuti seluruh rangkaian acara sejak pagi. “Dari jam 6 pagi aku udah siap, karena rame banget acaranya. Seru karena banyak pengunjung dari luar, jadi bukan hanya dari TP saja. Karya-karyanya keren, sesuai karakteristik masing-masing prodi,” ujarnya. Ia juga berharap ke depan akan ada lebih banyak inovasi dalam penyajian, seperti menambahkan interaksi melalui permainan atau aktivitas langsung di stan.
Gelar Karya Mahasiswa menjadi ruang ekspresi sekaligus pembuktian bahwa mahasiswa Teknologi Pendidikan mampu menciptakan karya yang tidak hanya menarik, tapi juga relevan dan aplikatif dalam dunia pendidikan. Dengan semangat kolaboratif antara mahasiswa, dosen, dan institusi, UNESA menunjukkan komitmennya dalam mengembangkan pendidikan yang adaptif dan berbasis teknologi.
Melalui Gebyar Bulan Pendidikan ini, Program Studi Teknologi Pendidikan UNESA tidak hanya tampil sebagai peserta, tetapi juga sebagai pionir yang mendorong transformasi pembelajaran melalui media digital yang inovatif dan kreatif.
Penulis: Aisyah Ramadhani 2024 D